BERITA

PERAN BAPENDA KAB. KOTIM PADA KEGIATAN MUSRENBANG RKPD KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR TAHUN 2022

02 Februari 2021 00:00

Sampit. Paparan tentang Pendapatan Daerah oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur pada kegiatan MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kecamatan se-Kabupaten Kotawaringin Timur yang dilaksanakan pada tanggal 25, 26 dan 27 Januari 2021 yang kemudian dilanjutkan tanggal 1 dan 2 Februari 2021.

Badan Pendapatan Daerah sebagai salah satu OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur turut serta dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di 17 kecamatan se-Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam kegiatan tersebut, Bapenda Kab. Kotim selaku koordinator pengelolaan pendapatan daerah diberikan kesempatan untuk memberikan paparan beberapa hal terkait tupoksinya antara lain pentingnya kontribusi pajak daerah untuk pembangunan daerah, target dan realisasi pendapatan daerah tahun 2020 terutama realisasi dan piutang PBB-P2 di kecamatan bersangkutan, target PBB-P2 masing-masing kecamatan tahun 2021 dan rencana aksi pendapatan daerah tahun 2021 serta upaya-upaya yang telah dilakukan Bappenda Kab. Kotim guna meningkatkan pendapatan daerah.

    

Selain memberikan paparan pendapatan daerah, pada kegiatan MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Bapenda Kab. Kotim juga menyerahkan Daftar Tunggakan PBB-P2 Tahun 2020 dan Daftar Himpunan Ketetapan PBB-P2 tahun 2021 masing-masing desa/kelurahan se-Kabupaten Kotawaringin Timur. Berkas dokumen daftar tersebut diterima langsung oleh kepala desa/lurah bersangkutan yang turut hadir pada kegiatan MUSRENBANG tersebut. Hal tersebut bertujuan agar permasalahan PBB-P2 ditingkat kelurahan/desa bisa dijadikan perhatian dan fokus untuk diselesaikan sekaligus sebagai dasar untuk petugas pemungut PBB-P2 dalam melaksanakan tugasnya memungut PBB-P2 di wilayah kelurahan/desanya masing-masing.

  

 

Adapun tujuan lain dari kehadiran Bapenda Kab. Kotim dalam kegiatan MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kecamatan se-Kabupaten Kotawaringin Timur adalah sebagai sarana sosialisasi dan penyuluhan kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat Kab. Kotim hingga ke pelosok daerah. Harapannya dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak daerah khususnya PBB-P2 sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pembangunan Kabupaten Kotawaringin Timur.


BACA BERITA LAINNYA:

SERAH TERIMA CSR ALAT PEMANTAU TRANSAKSI WP OLEH PT. BANK KALTENG CABANG SAMPIT KEPADA PEMERINTAH KAB. KOTIM

01 September 2021 00:00

Sampit, PT. Bank Kalteng Cabang Sampit mengadakan acara serah terima CSR kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur di kantor Bapenda Kab. Kotim berupa alat pemantau transaksi wajib pajak sebanyak 10 unit . Rabu (01/09/2021)

Selengkapnya...

SMART TAX KOTIM

27 Mei 2022 00:00

Aplikasi Smart Tax Kotim Merupakan Aplikasi layanan untuk mempermudah Wajib Pajak melakukan Pembayaran dan pelaporan secara online.Aplikasi ini bisa di download di play store. Aplikasi Smart Tax Kotim menampilkan beberapa menu Dashboard pendapatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. ...

Selengkapnya...

BIMBINGAN TEKNIS PENGGUNAAN APLIKASI e-LAYANAN

14 Maret 2024 10:00

Sampit - Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi e-Layanan bagi Petugas Kecamatan. (Kamis, 14/3/24)

 

Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi E-Layanan yang dihadiri oleh Sekretaris Badan dan Kepala Bidang Pelayanan,...

Selengkapnya...

PENYERAHAN PENGHARGAAN ATAS PRESTASI YANG DI RAIH BAPENDA KAB. KOTIM SELAMA TAHUN 2022

26 Januari 2023 08:59

Sampit - Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai salah satu Perangkat Daerah yang menyelenggarakan Pelayanan Publik dalam sektor Pajak dan Retribusi Daerah, mendapat beberpa penghargaan yang di raih selama tahun 2022.

1. Meraih Penghargaan dalam acara Pertemuan...

Selengkapnya...

MELAKSANAKAN PENILAIAN PBB-P2 DI PERTAMINA CABANG SAMPIT

25 April 2019 00:00

Sampit - Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kab. Kotim melaksanakan penilaian PBB-P2 di pertamina cabang Sampit, Kamis (25/04/19).

Demi terciptanya basis data Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang up...

Selengkapnya...