BERITA

RAKOR SINERGITAS BAPENDA KAB KOTIM DENGAN PPAT DAN NOTARIS WILAYAH KAB. KOTIM

12 Oktober 2023 07:26

Sampit, Rapat Koordinasi Sinergitas Badan Pendapatan Daerah Kab. Kotawaringin Timur dengan PPAT/Notaris Wilayah Kab. Kotawaringin Timur Dalam Rangka Optimalisasi PAD Melalui Sektor Pajak BPHTB yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim, (Kamis, 12/10/23).

Kegiatan secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur H. Halikinnor, S.H., M.M. dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Kotim, Kepala Instansi Vertikal, dan para notaris serta PPAT yang berada di wilayah kabupaten kotawaringin timur.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh kepala Bapenda Kab. Kotim Ramadansyah, S.E., M.Ec.Dev. dimana dalam pelaksanaan kegiatan ini kepala Bapenda menyampaikan mengenai tujuan dalam Kegiatan ini adalah Penyamaan persepsi terkait dengan bagaimana peran Notaris dan PPAT semua untuk peningkatan PAD dari sektor BPHTB dan penyampaian Perda Khusus Pajak dan Retribusi Daerah sebagaimana diamanatkan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 sudah selesai Pembahasan di DPRD dan dalam Proses Evaluasi dari Kementrian dalam Negeri dan Kementerian Keuangan, penyampaian laporan ke Bapenda dan di proses baik itu Peralihan, Peningkatan yang ada melalui Notaris, hal-hal terkait dengan Pelaksanaan Pelayanan atau persyaratan yang harus kita putuskan, sehingga lebih cepat dimana kewenangan Bapenda serta yang mana kewenangannya ada di Notaris.

Penyampaian permasalahan ini sangat penting dilaksankan karena bapenda dapat mengetahui langsung secara jelas permasalahan yang dihadapi sehingga dapat mengambil atau menentukan kebijakan kebijakan terkait BPHTB guna mengoptimalkan pendapatan Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kesimpulan Rapat :

  1. Bapenda akan melakukan evaluasi terhadap pelayanan dan persyaratan dalam pembayaran BPHTB.

  2. Bapenda akan menyampaikan surat secara resmi Kepada Ketua Notaris dan Ketua PPAT hasil evaluasi Bapenda sehingga memudahkan PPAT dalam proses pembayaran BPHTB sesuai dengan target pelayanan.

  3. Akan dilakukan pertemuan yang melibatkan BPN, KPP Pratama, Bapenda, Notaris dan PPAT secara berkala menyesuaikan kondisi dan permasalahan.


BACA BERITA LAINNYA:

BIMBINGAN TEKNIS PENGGUNAAN APLIKASI e-LAYANAN

14 Maret 2024 10:00

Sampit - Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi e-Layanan bagi Petugas Kecamatan. (Kamis, 14/3/24)

 

Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi E-Layanan yang dihadiri oleh Sekretaris Badan dan Kepala Bidang Pelayanan,...

Selengkapnya...

TAKBIR KELILING DENGAN MOBIL HIAS MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1444H

22 April 2023 12:34

Sampit- Badan Pendpatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Ikut serta dalam Takbir Keliling mobil hias dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H. Acara yang diperlombakan ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Selengkapnya...

KOORDINASI DALAM RANGKA RENCANA SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA SPASIAL (PETA BLOK PBB-P2)

04 Juli 2018 11:28

Sampit - Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kab. Kotim Marjuki, S.Pd., M.S.M. melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan dalam rangka rencana Sosialisasi Pemutakhiran Data Spasial (Peta Blok PBB-P2) di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu...

Selengkapnya...

PAWAI 1 MUHARRAM 1444H

30 Juli 2022 00:00

Sampit - Dalam Rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Hijriyah (Tahun Baru Islam) 1 Muharram 1444 H Kabupaten Kotawaringin Timur menyelenggarakan Pawai Taaruf yang diikuti oleh Para Pelajar,SOPD, Kecamatan Seranau,Kecamatan MB Ketapang,Kecamatan Baamang...

Selengkapnya...

Upacara Bersama Peringatan HUT RI Ke 73 BAPPENDA Kab. Kotim dan BPKAD Kab. Kotim

17 Agustus 2018 00:00

Sampit - Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kab. Kotim dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab. Kotim menggelar upacara bersama peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, Jum'at (17/8/18).

Selengkapnya...