BERITA

RAKOR SINERGITAS BAPENDA KAB KOTIM DENGAN PPAT DAN NOTARIS WILAYAH KAB. KOTIM

12 Oktober 2023 07:26

Sampit, Rapat Koordinasi Sinergitas Badan Pendapatan Daerah Kab. Kotawaringin Timur dengan PPAT/Notaris Wilayah Kab. Kotawaringin Timur Dalam Rangka Optimalisasi PAD Melalui Sektor Pajak BPHTB yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim, (Kamis, 12/10/23).

Kegiatan secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur H. Halikinnor, S.H., M.M. dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Kotim, Kepala Instansi Vertikal, dan para notaris serta PPAT yang berada di wilayah kabupaten kotawaringin timur.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh kepala Bapenda Kab. Kotim Ramadansyah, S.E., M.Ec.Dev. dimana dalam pelaksanaan kegiatan ini kepala Bapenda menyampaikan mengenai tujuan dalam Kegiatan ini adalah Penyamaan persepsi terkait dengan bagaimana peran Notaris dan PPAT semua untuk peningkatan PAD dari sektor BPHTB dan penyampaian Perda Khusus Pajak dan Retribusi Daerah sebagaimana diamanatkan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 sudah selesai Pembahasan di DPRD dan dalam Proses Evaluasi dari Kementrian dalam Negeri dan Kementerian Keuangan, penyampaian laporan ke Bapenda dan di proses baik itu Peralihan, Peningkatan yang ada melalui Notaris, hal-hal terkait dengan Pelaksanaan Pelayanan atau persyaratan yang harus kita putuskan, sehingga lebih cepat dimana kewenangan Bapenda serta yang mana kewenangannya ada di Notaris.

Penyampaian permasalahan ini sangat penting dilaksankan karena bapenda dapat mengetahui langsung secara jelas permasalahan yang dihadapi sehingga dapat mengambil atau menentukan kebijakan kebijakan terkait BPHTB guna mengoptimalkan pendapatan Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kesimpulan Rapat :

  1. Bapenda akan melakukan evaluasi terhadap pelayanan dan persyaratan dalam pembayaran BPHTB.

  2. Bapenda akan menyampaikan surat secara resmi Kepada Ketua Notaris dan Ketua PPAT hasil evaluasi Bapenda sehingga memudahkan PPAT dalam proses pembayaran BPHTB sesuai dengan target pelayanan.

  3. Akan dilakukan pertemuan yang melibatkan BPN, KPP Pratama, Bapenda, Notaris dan PPAT secara berkala menyesuaikan kondisi dan permasalahan.


BACA BERITA LAINNYA:

PENANDATANGANAN KERJASAMA (MOU) ANTARA KANTOR PRTANAHAN KAB. KOTIM DENGAN BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH KAB. KOTIM

24 September 2018 00:00

Sampit - Kerjasama antara Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kab. Kotawaringin Timur dengan Kantor Pertanahan Kab. Kotawaringin Timur, (Senin,24 /9/2018).

Kerjasama dilakukan untuk pendataan bidang tanah serta pengembangan...

Selengkapnya...

PERESMIAN AREA BERMAIN ANAK DI KANTOR BAPENDA KOTWARINGIN TIMUR

01 Desember 2023 08:16

Sampit-Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan peresmian Area Bermain Anak yang berada di Lingkungan Kantor Bapenda Kab. Kotim, Jum'at (1/12/23).

Selengkapnya...

UJI PUBLIK RANCANGAN PERATURAN DAERAH KAB.KOTIM TENTANG PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH

23 Februari 2023 09:34

Sampit, Bapenda Kab. Kotim menggelar kegitan Uji Publik Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2023.

  Selengkapnya...

SOSIALISASI PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NO 38 TAHUN 2018 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN APBD TAHUN ANGGARAN 2019

05 Juli 2018 08:00

Sampit - Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kab. Kotim Marjuki, S.Pd., MSM mengikuti kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019, Kamis (05/07/2018).

Selengkapnya...

BADAN PENDAPATAN DAERAH KAB.KOTIM MELAKUKAN VAKSINASI COVID -19

22 Maret 2021 00:00

Sampit, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan Vaksinasi sebagai salah satu upaya mencegah Covid-19 Tahap Pertama oleh Pegawai ASN Dan Tenaga Kontrak. Vaksinasi Tahap Pertama ini dilakukan oleh petugas Kesehatan di Puskesmas Ketapang 1 Kabupaten Kotawaringin...

Selengkapnya...