BERITA

RAPAT OPTIMALISASI PENDAPATAN DAERAH MELALUI APLIKASI DAN PAPARAN LAPORAN PENDAHULUAN PEMUTAKHIRAN DATA PBB-P2 TAHUN 2019

19 September 2019 00:00

Sampit - Dalam upaya peningkatan pendapatan daerah melalui sektor PBB-P2 Bappenda Kab. Kotim melakukan pemutakhiran data PBB-P2 serta mengembangkan aplikasi pengelolaan Pajak Daerah secara online bekerjasama dengan pihak ketiga (Kamis, 19/09/19).

Rapat dilaksanakan di Aula rapat lantai 2 Kantor Bappenda Kab. Kotim pukul 08.30 WIB dipipin oleh Kepala Bappenda Kab. Kotim Marjuki, S.Pd., M.S.M serta dihadiri oleh Tim PT. MPU yang dipimpin oleh Rudi Hardianto, serta Pejabat eselon III, IV Bappenda Kab. Kotim.

      

Dalam paparan hasil sementara pelaksanaan pemutakhiran data PBB-P2 tahun 209 PT. MPU menyampaikan bahwa Pelaksanaan pemutakhiran data PBB-P2 yang dilakukan di Kelurahan Mentawa Baru Hulu dan Kelurahan Mentawa Baru Hilir dengan target sebanyak 15.326 Objek Pajak sampai saat ini telah berhasil dilakukan survey sebanyak 45% atau 6.956 Objek Pajak. Pihaknya optimis sampai dengan waktu yang disediakan akan dapat dilaksanakan seluruhnya. Berbagai kendala yang dihadapi selama di lapangan antara lain masih ada RT yang kurang kooperatif, Wajib Pajak yang tidak diketahui alamatnya, serta Wajib Pajak yang tidak mau didata objek pajaknya dengan berbagai alasan. Terhadap Objek Pajak yang tidak mendapatkan tanda tangan dari WP nya tersebut pihak MPU tetap mendata dan diserahkan sepenuhnya tindak lanjutnya kepada pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini Bappenda.


MPU juga memaparkan produk-produk aplikasi yang dimiliki terkait dengan Pendapatan Daerah yang bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan pajak daerah. Sebagian besar aplikasi tersebut telah dimiliki oleh Bappenda tinggal pengembangan serta pemeliharaan kedepan yang diharapkan bisa berkelanjutan.


BACA BERITA LAINNYA:

PEKAN PEMBAYARAN PBB-P2 DI BAPENDA KOTIM

14 September 2022 00:00

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan Pekan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Rabu (14/09/2022)

Kegiatan ini bertempat di Halaman Kantor Bapenda Kotim yang...

Selengkapnya...

SOSIALISASI PERDA NO.6 TAHUN 2018

25 Juni 2019 00:00

Sampit- Peran BAPPENDA Kab. Kotim sebagai instansi Pemerintah Daerah yang mempunyai tupoksi mengelola Pendapatan Daerah khususnya Pajak Daerah sangat dibutuhkan, salah satunya adalah untuk membuka wawasan dan merubah cara pandang masyarakat terhadap Pajak Daerah....

Selengkapnya...

RAPAT KOORDINASI PENDAPATAN ASLI DAERAH DENGAN SOPD PEMUNGUT

27 September 2021 00:00

Sampit-Badan pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Rapat Koordinasi Pendapatan Daerah Dan SOPD Pemungut.Senin (27/09/2021)

Rapat Koordinasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan SOPD Pemungut...

Selengkapnya...

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJA SAMA DENGAN KEJAKSAAN NEGERI KOTAWARINGIN TIMUR

31 Oktober 2023 14:16

Sampit, Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kab. Kotawaringin Timur melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur, Selasa (31/10/23).

Penandatanganan PKS dalam bidang Perdata dan Tata Usaha...

Selengkapnya...

PANDUAN PEMBAYARAN E-PBB MELALUI BANK MANDIRI CABANG SAMPIT

18 November 2021 00:00

Sampit,Pemda Kotim melalui Badan Pendapatan Daerah melakukan kerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Sampit untuk mendukung peningkatan layanan dan memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan kewajibannya dalam Pembayaran E-PBB secara tepat waktu. Minggu (14/11/2021)


...

Selengkapnya...