BERITA

RAPAT OPTIMALISASI PENDAPATAN DAERAH MELALUI APLIKASI DAN PAPARAN LAPORAN PENDAHULUAN PEMUTAKHIRAN DATA PBB-P2 TAHUN 2019

19 September 2019 00:00

Sampit - Dalam upaya peningkatan pendapatan daerah melalui sektor PBB-P2 Bappenda Kab. Kotim melakukan pemutakhiran data PBB-P2 serta mengembangkan aplikasi pengelolaan Pajak Daerah secara online bekerjasama dengan pihak ketiga (Kamis, 19/09/19).

Rapat dilaksanakan di Aula rapat lantai 2 Kantor Bappenda Kab. Kotim pukul 08.30 WIB dipipin oleh Kepala Bappenda Kab. Kotim Marjuki, S.Pd., M.S.M serta dihadiri oleh Tim PT. MPU yang dipimpin oleh Rudi Hardianto, serta Pejabat eselon III, IV Bappenda Kab. Kotim.

      

Dalam paparan hasil sementara pelaksanaan pemutakhiran data PBB-P2 tahun 209 PT. MPU menyampaikan bahwa Pelaksanaan pemutakhiran data PBB-P2 yang dilakukan di Kelurahan Mentawa Baru Hulu dan Kelurahan Mentawa Baru Hilir dengan target sebanyak 15.326 Objek Pajak sampai saat ini telah berhasil dilakukan survey sebanyak 45% atau 6.956 Objek Pajak. Pihaknya optimis sampai dengan waktu yang disediakan akan dapat dilaksanakan seluruhnya. Berbagai kendala yang dihadapi selama di lapangan antara lain masih ada RT yang kurang kooperatif, Wajib Pajak yang tidak diketahui alamatnya, serta Wajib Pajak yang tidak mau didata objek pajaknya dengan berbagai alasan. Terhadap Objek Pajak yang tidak mendapatkan tanda tangan dari WP nya tersebut pihak MPU tetap mendata dan diserahkan sepenuhnya tindak lanjutnya kepada pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini Bappenda.


MPU juga memaparkan produk-produk aplikasi yang dimiliki terkait dengan Pendapatan Daerah yang bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan pajak daerah. Sebagian besar aplikasi tersebut telah dimiliki oleh Bappenda tinggal pengembangan serta pemeliharaan kedepan yang diharapkan bisa berkelanjutan.


BACA BERITA LAINNYA:

RAPAT REKONSILIASI REALISASI PENDAPATAN DENGAN SOPD PEMUNGUT

26 Juni 2018 13:30

Sampit - Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur mengadakan rapat rekonsiliasi realisasi pendapatan daerah bersama SOPD Pemungut Pajak dan Retribusi Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa (26/06/2018).

Selengkapnya...

KUNJUNGAN KERJA DAN SILATURAHMI DARI KPP PRATAMA SAMPIT

01 November 2023 13:28

Sampit, Kepala KPP Pratama Sampit Bapak Heri Widiyanto beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (01/11/23).

Kunjungan Kerja tersebut disambut secara langsung...

Selengkapnya...

MUSRENBANG RKPD TAHUN 2024 DI KEC TAHUN 2023

16 Januari 2023 00:00

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD Tahun 2024 Kabupaten Kotawaringin Timur di 17 Kecamatan berjalan dengan lancar. Dalam kesempatan ini Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kab.Kotim turut serta memberikan paparan mengenai pendapatan Daerah seperti Tahun sebelumnya mengenai...

Selengkapnya...

SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA PETA PBB-P2

18 Juli 2018 08:30

Sampit - Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Bekerjasa dengan Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (PSEKP-UGM) mengadakan Sosialisasi Pemutakhiran Data Peta PBB-P2, Rabu (18/07/2018).

Selengkapnya...

LAUNCHING SMART TAX KOTIM PERMUDAH PEMBAYARAN PAJAK

27 Mei 2022 00:00

Bapenda Kotim-Sampit,Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur launching Aplikasi Smart Tax Kotim untuk mempermudah wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak melalui android. Bapenda Kotim juga melakukan rangkaian workshop pengelolaan PBB-P2 Se-Kalimantan Tengah . (Rabu 25/05/2022)

...

Selengkapnya...