BERITA

RAKOR SINERGITAS BAPENDA KAB KOTIM DENGAN PPAT DAN NOTARIS WILAYAH KAB. KOTIM

12 Oktober 2023 07:26

Sampit, Rapat Koordinasi Sinergitas Badan Pendapatan Daerah Kab. Kotawaringin Timur dengan PPAT/Notaris Wilayah Kab. Kotawaringin Timur Dalam Rangka Optimalisasi PAD Melalui Sektor Pajak BPHTB yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim, (Kamis, 12/10/23).

Kegiatan secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur H. Halikinnor, S.H., M.M. dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Kotim, Kepala Instansi Vertikal, dan para notaris serta PPAT yang berada di wilayah kabupaten kotawaringin timur.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh kepala Bapenda Kab. Kotim Ramadansyah, S.E., M.Ec.Dev. dimana dalam pelaksanaan kegiatan ini kepala Bapenda menyampaikan mengenai tujuan dalam Kegiatan ini adalah Penyamaan persepsi terkait dengan bagaimana peran Notaris dan PPAT semua untuk peningkatan PAD dari sektor BPHTB dan penyampaian Perda Khusus Pajak dan Retribusi Daerah sebagaimana diamanatkan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 sudah selesai Pembahasan di DPRD dan dalam Proses Evaluasi dari Kementrian dalam Negeri dan Kementerian Keuangan, penyampaian laporan ke Bapenda dan di proses baik itu Peralihan, Peningkatan yang ada melalui Notaris, hal-hal terkait dengan Pelaksanaan Pelayanan atau persyaratan yang harus kita putuskan, sehingga lebih cepat dimana kewenangan Bapenda serta yang mana kewenangannya ada di Notaris.

Penyampaian permasalahan ini sangat penting dilaksankan karena bapenda dapat mengetahui langsung secara jelas permasalahan yang dihadapi sehingga dapat mengambil atau menentukan kebijakan kebijakan terkait BPHTB guna mengoptimalkan pendapatan Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kesimpulan Rapat :

  1. Bapenda akan melakukan evaluasi terhadap pelayanan dan persyaratan dalam pembayaran BPHTB.

  2. Bapenda akan menyampaikan surat secara resmi Kepada Ketua Notaris dan Ketua PPAT hasil evaluasi Bapenda sehingga memudahkan PPAT dalam proses pembayaran BPHTB sesuai dengan target pelayanan.

  3. Akan dilakukan pertemuan yang melibatkan BPN, KPP Pratama, Bapenda, Notaris dan PPAT secara berkala menyesuaikan kondisi dan permasalahan.


BACA BERITA LAINNYA:

BAPENDA KOTIM GELAR GEBYAR UNDIAN BERHADIAH

08 Oktober 2022 00:00

Bapenda Kabupaten Kotawaringin Timur Menggelar Gebyar Undian berhadiah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Citimall Sampit Sabtu Malam . (08/10/2022)

Kepala Bapenda Ramadansyah menyampaikan kegiatan ini...

Selengkapnya...

RAPAT KOORDINASI PBB-P2 KAB. KOTAWARINGIN TIMUR 2019

12 November 2019 00:00

Sampit - Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan & Perdesaan (PBB-P2) adalah pajak atas bumi dan atau bangunan yang dimiliki, dikuasai, dan atau dimanfaatkan oleh orang pribadi atau badan. PBB-P2 sendiri merupakan salah satu dari 11 jenis pajak daerah yang merupakan...

Selengkapnya...

MUSRENBANG RKPD KAB KOTIM TAHUN 2021 DI KECAMATAN TAHUN 2020

13 Januari 2020 00:00

SAMPIT- Dalam kesempatan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD Tahun 2021 Kab. Kotim  di 17 Kecamatan, Bappenda Kab. Kotim turut serta memberikan paparan mengenai Pendapatan Daerah yang secara khusus menekankan pada Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Perdesaan...

Selengkapnya...

VERIFIKASI PIUTANG PAJAK PBB-P2 di SELURUH KECAMATAN KOTIM

18 April 2018 10:37

Bappenda selaku koordinator Pengelola Pendapatan Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur selalu mengejar potensi-potensi pajak demi tercapainya target pendapatan daerah yang ditetapkan pemerintah setiap tahunnya. 

Adapun salah satunya yang sekarang menjadi...

Selengkapnya...

PENANDATANGANAN KERJASAMA (MOU) ANTARA KANTOR PRTANAHAN KAB. KOTIM DENGAN BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH KAB. KOTIM

24 September 2018 00:00

Sampit - Kerjasama antara Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kab. Kotawaringin Timur dengan Kantor Pertanahan Kab. Kotawaringin Timur, (Senin,24 /9/2018).

Kerjasama dilakukan untuk pendataan bidang tanah serta pengembangan...

Selengkapnya...